Grand Design
PKD KOMISARIAT SUNAN KUDUS
1. Landasan
Epistemologis
a. Memperkuat
Intelektualitas dan loyalitas anggota
b. Membentuk
pemikiran kritis transformatif
c. Membentuk
mentalitas kader yang tangguh dan survive
d. Menciptakan
kader militan dan solidaritas
2. Target Kualitatif
a. intelektualitas
b. Loyalitas
c. Kritis
Tranformatif
d. Solidaritas
e. Militansi
f.
Mentalitas yang tangguh dan survive
3. Target
Kontruksi Berfikir
a. Berfikir
idealis
b. Berfikir
kritis
c. Berfikir
dialektis
d. Berfikir
etis
4. Parameter
Keberhasilan
a. Terciptanya
kritisme kader
b. Kader berani
masuk ke ruang dialektis
c. Memiliki
mental untuk berbicara dan berargumentasi
d. Aktif
mengikuti kegiatan-kegiatan PMII
e. Tercipta
budaya diskusi
f.
Terciptanya ikatan emosional
g. Terbentuknya
idealisme kader dalam berfikir dan bertindak
h. Terbentuknya
moralitas positif kader
5. Rumusan
Materi
a. Islam
sebagai teologi pembebasan
b. Aswaja
sebagai manhaj al-fikr
c. Gender dan
gerakan perempuan
d. Sejarah pmii
local
e. Strategi
gerakan dan pengembangan pmii
f.
Paradigma pmii
g. Analisis
social
h. Analisis
wacana
i.
Managemen dan resolusi konflik
j.
Pengorganisiran kampus
Bagan Pelatihan
No
|
Materi
|
Kisi-Kisi
|
Target
Kontruksi Berfikir
|
Metode
FGD
|
Media
|
1
|
Islam
Sebagai Teologi Pembebasan
|
-Pengertian Islam sebagai teologi
pembebasan
-Teori Asghar Ali Engineer
-Praktek teologi Pembebasan (Farid
Esack)
|
-Kader memahami islam sebagai teologi
pembebasan
- Kader mampu mengkontekskan pemikiran
farid esack dan Asghar ali Engineer
|
-Brainstorming
-Studi
kasus
|
-Plano
-Spidol
|
2
|
Aswaja
Sebagai Manhaj Al-Fikr
|
-Sketsa sejarah
-Pengertian Aswaja sebagai Manhaj
al-Fikr
-Prinsip aswaja Sebagai manhaj al –fikr
|
-Kader mampu memahami aswaja sebagai
manhaj al fikr & mampu mengidentifikasi kelemahannya
|
||
3
|
Gender
dan gerakan perempuan
|
-Perbedaan antra seks dan gender
-Bentuk Ketidakadilan Gender
-Sejarah Gerakan perempuan
|
-Kader dapat mengidentifikasi
bentuk-bentuk ketidakadilan gender dan mampu mengorganisir gerakan perempuan
|
-Permainan Peran (role Play)
-Studi kasus
|
-Naskah
-Papan nama
|
4
|
Sejarah
pmii local
|
-Sejarah PMII Lokal
-Latarbelakang berdiri PMII di Kudus
-Tokoh-tokoh pendiri
-PerkembanganPMII kudus dari masa ke
masa
|
-Kader mampu menguraikan sejarah PMII
Lokal dan mengambil hikmahnya
-Mampu merefleksi perjalanan sejarah
PMII lokal
|
-Brainstorming
|
-Plano
-Spidol
|
5
|
Strategi
gerakan dan pengembangan pmii
|
-Ranah dan arah gerak PMII
-Strategi PMII dan Transformasi social
-Urgensitas Kurikulum Kaderisasi PMII
-Pengelolaan kaderisasi
|
-Kader Mampu mengembangkan gerakan PMII
ditingkat akar rumput
-Menjaga existensi dan bargaining
position di ranah stake holder
|
-Brainstorming
-Studi
kasus
|
-Plano
-Spidol
|
6
|
Paradigma
pmii
|
-Pengertian
-Jenis-jenis paradigma
-Paradigma Kritis Transformatif
-Operasionalisasi PKT
|
-Kader mampu berpola pikir kritis
transformatife
-Kader mampu mengoprasionalisasikan PKT
-Menjadi problem solver terhadap
permasalahan dan wacana yang muncul
|
-Study kasus
|
-Plano
-Spidol
|
7
|
Analisis
social
|
-Pengertian
-Tahap-tahap analisis sosial
-Paradigma sosiologi
-Teori perubahan sosial
-Langkah praxis analisis social
-Peranan Ansos dalam strategi gerakan
PMII
|
-Kader mampu menganalisis berbagai
peristiwa dan dinamika
-Responsife terhadap realita social
|
-Studi Kasus
|
-Spidol
-Plano
|
8
|
Analisis
Wacana Media
|
-Pengertian
-Karakteristik Analisis wacana
-Kerangka analisis wacana
-Landasan Teori dan paradigma analisis
wacana
-Analisis media
|
-Mampu Menganalisis berbagai wacana
yang berkembang
-Menjadi problem solver terhadap
permasalahan dan wacana yang muncul
|
-Studi kasus
|
- Koran
-Plano
-Spidol
|
9
|
Managemen
dan resolusi konflik
|
-Definisi
-Proses menajemen konflik
-Strategi mengatasi konflik
|
-Kader mampu bersikap dewasa dalam
menanggapi konflik
-Kader dapat memberikan solusi terhadap
konflik yang dihadapi
|
-Role Play
|
-Condisional
|
10
|
Pengorganisiran
kampus
|
-Gerakan mengorganisisir kampus sebagai
system kaderisasi PMII
-Distribusi ideal Kader ke OK
|
-Kader bisa memposisikan diri di sektor
–sektor strategis di kampus
-Optimalisasi peran OK sebagai ranah
kaderisasi
|
-Analisis Bagan
-Mind Map
|
-HVS
-Spidol
|
Langkah – langkah FGD
Materi : Islam Teologi Pembebasan
METODE :Brainstorming,
Studi Kasus
Media
:Plano, Spidol.
Waktu : -+
45 menit
No.
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator,
bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan,
fasilitator menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
|
5 MENIT
|
2
|
Mintalah peserta untuk mempresentasikan materi yang
telah disampaikan narasumber dan saling melengkapi keterangan serta
menanggapi satu sama lain
|
15 MENIT
|
3
|
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator
menulis intisari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel
forum
|
|
4
|
Fasilitator memunculkan kasus untuk di diskusikan
dan dianalisis
|
15 MENIT
|
5
|
Konklusi intisari pemikiran
|
5 MENIT
|
6
|
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel
Aksi
|
3 MENIT
|
7
|
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
|
2 MENIT
|
Materi : Aswaja sebagai Manhaj Al-Fiqr
METODE :
Brainstorming, Studi Kasus
Media :
Plano, Spidol.
Waktu : -+
45 menit
No.
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator,
bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan,
fasilitato menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
|
5 MENIT
|
2
|
Mintalah peserta untuk mempresentasikan materi yang telah
disampaikan narasumber dan saling melengkapi keteranga serta menanggapi satu
sama lain
|
20 MENIT
|
3
|
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator
menulis intIsari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel
forum
|
|
4
|
Peserta diminta memunculkan kasus tentang Aswaja
sebagai manhaj al-Fikr untuk didiskusian dan dianalisis
|
1 MENIT
|
5
|
Konklusi intisari pemikiran
|
10 MENIT
|
6
|
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel
Aksi
|
4 MENIT
|
7
|
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
|
5 MENIT
|
Materi : GENDER DAN GERAKAN PEREMPUAN
METODE : ROLE
PLAY
Media :
NASKAH DRAMA, PAPAN NAMA
Waktu : -+
45 menit
No.
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator,
bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan,
fasilitator menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
|
5 MENIT
|
2
|
Abstraksi kisi-kisi dari fasilitator ke peserta
|
20 MENIT
|
3
|
Fasilitator memberikan intruksi yang jelas dan
membagi peran peserta
|
|
4
|
Peserta diminta menjelaskan nilai-nilai yang
terdapat dalam naskah
|
10 MENIT
|
5
|
Konklusi intisari pemikiran
|
5 MENIT
|
6
|
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel
Aksi
|
3 MENIT
|
7
|
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
|
2 MENIT
|
Materi : Sejarah PMII Lokal
METODE :
Brainstorming
Media :
Plano, Spidol.
Waktu : -+
45 menit
No.
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator,
bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan,
fasilitator menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
|
5 MENIT
|
2
|
Mintalah peserta untuk mempresentasikan materi yang
telah disampaikan narasumber dan saling melengkapi keterangan serta
menanggapi satu sama lain
|
20 MENIT
|
3
|
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator
menulis intisari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel
forum
|
|
4
|
Peserta diminta untuk mengangambil Ibroh dari
sejarah PMII lokal
|
10MENIT
|
5
|
Konklusi intisari pemikiran
|
5 MENIT
|
6
|
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel
Aksi
|
3 MENIT
|
7
|
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
|
2 MENIT
|
Materi : STRATEGI GERAKAN DAN PENGEMBANGAN PMII
METODE
:Brainstorming, Studi Kasus
Media
:Plano, Spidol.
Waktu : -+
45 menit
No.
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator,
bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan,
fasilitator menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
|
5 MENIT
|
2
|
Mintalah peserta untuk mempresentasikan materi yang
telah disampaikan narasumber dan saling melengkapi keterangan serta
menanggapi satu sama lain
|
15 MENIT
|
3
|
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator
menulis intIsari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel
forum
|
|
4
|
Fasilitator memunculkan kasus untuk di diskusikan
dan dianalisis
|
15 MENIT
|
5
|
Konklusi intisari pemikiran
|
5 MENIT
|
6
|
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel
Aksi
|
3 MENIT
|
7
|
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
|
2 MENIT
|
Materi : PARADIGMA PMII
METODE :Studi
Kasus
Media
:Plano, Spidol.
Waktu : -+
45 menit
No.
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator,
bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan,
fasilitator menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
|
5 MENIT
|
2
|
Mintalah peserta untuk mempresentasikan materi yang telah
disampaikan narasumber dan saling melengkapi keterangan serta menanggapi satu
sama lain
|
15 MENIT
|
3
|
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator
menulis intIsari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel
forum
|
|
4
|
Fasilitator memunculkan kasus untuk di diskusikan
dan dianalisis
|
15 MENIT
|
5
|
Konklusi intisari pemikiran
|
5 MENIT
|
6
|
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel
Aksi
|
3 MENIT
|
7
|
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
|
2 MENIT
|
Materi : ANALISIS SOSIAL
METODE :Studi
Kasus
Media
:Plano, Spidol.
Waktu : -+
45 menit
No.
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator,
bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan,
fasilitator menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
|
5 MENIT
|
2
|
Mintalah peserta untuk mempresentasikan materi yang
telah disampaikan narasumber dan saling melengkapi keterangan serta
menanggapi satu sama lain
|
15 MENIT
|
3
|
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator
menulis intIsari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel
forum
|
|
4
|
Fasilitator memunculkan kasus untuk di diskusikan
dan dianalisis
|
15 MENIT
|
5
|
Konklusi intisari pemikiran
|
5 MENIT
|
6
|
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel
Aksi
|
3 MENIT
|
7
|
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
|
2 MENIT
|
Materi : ANALISIS WACANA MEDIA
METODE :Studi
Kasus
Media :
Media Koran, Plano, Spidol.
Waktu : -+
45 menit
No.
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator,
bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan,
fasilitato menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
|
5 MENIT
|
2
|
Peserta diberikan media Koran untuk menganalisis
kasus
|
15 MENIT
|
3
|
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator
menulis intIsari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel
forum
|
|
4
|
Peserta diminta untuk mempresentasiakn dan mengungkapkan
pendapat tentang media yang telah dibagikan dan dianalisis
|
15 MENIT
|
5
|
Konklusi intisari pemikiran
|
5 MENIT
|
6
|
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel
Aksi
|
3 MENIT
|
7
|
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
|
2 MENIT
|
Materi : MANAGEMEN DAN RESOLUSI KONFLIK
METODE :Rol
Play
Media :
Condisional
Waktu : -+
45 menit
No.
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator,
bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan,
fasilitato menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
|
5 MENIT
|
2
|
Fasilitator m
|
15 MENIT
|
3
|
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator
menulis intIsari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel
forum
|
|
4
|
Peserta diminta untuk mempresentasiakn dan
mengungkapkan pendapat tentang media yang telah dibagikan dan dianalisis
|
15 MENIT
|
5
|
Konklusi intisari pemikiran
|
5 MENIT
|
6
|
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel
Aksi
|
3 MENIT
|
7
|
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
|
2 MENIT
|
Materi : PENGORGANISIRAN KAMPUS
METODE
:Analisis bagan, Mind Map
Media :HVS,
Plano, Spidol.
Waktu : -+
45 menit
No.
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator,
bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan,
fasilitato menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
|
5 MENIT
|
2
|
Peserta dibagikan kertas HVS
|
15 MENIT
|
3
|
Peserta diminta membuat mind map terkain organisasi
intra dan extra kampus
|
|
4
|
Peserta mempresentasiakn mind map
|
15 MENIT
|
5
|
Konklusi intisari pemikiran
|
5 MENIT
|
6
|
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel
Aksi
|
3 MENIT
|
7
|
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
|
2 MENIT
|
Komentar
Posting Komentar