Langsung ke konten utama

Grand Design PELATIHAN KADER DASAR PMII SUNAN KUDUS









Grand Design
PKD KOMISARIAT SUNAN KUDUS

1.      Landasan Epistemologis
a.      Memperkuat Intelektualitas dan loyalitas anggota
b.      Membentuk pemikiran kritis transformatif
c.       Membentuk mentalitas kader yang tangguh dan survive
d.      Menciptakan kader militan dan solidaritas
2.      Target Kualitatif
a.      intelektualitas
b.      Loyalitas
c.       Kritis Tranformatif
d.      Solidaritas
e.      Militansi
f.        Mentalitas yang tangguh dan survive
3.      Target Kontruksi Berfikir
a.      Berfikir idealis
b.      Berfikir kritis
c.       Berfikir dialektis
d.      Berfikir etis
4.      Parameter Keberhasilan
a.      Terciptanya kritisme kader
b.      Kader berani masuk ke ruang dialektis
c.       Memiliki mental untuk berbicara dan berargumentasi
d.      Aktif mengikuti kegiatan-kegiatan PMII
e.      Tercipta budaya diskusi
f.        Terciptanya ikatan emosional
g.      Terbentuknya idealisme kader dalam berfikir dan bertindak
h.      Terbentuknya moralitas positif kader
5.      Rumusan Materi
a.      Islam sebagai teologi pembebasan
b.      Aswaja sebagai manhaj al-fikr
c.       Gender dan gerakan perempuan
d.      Sejarah pmii local
e.      Strategi gerakan dan pengembangan pmii
f.        Paradigma pmii
g.      Analisis social
h.      Analisis wacana
i.        Managemen dan resolusi konflik
j.        Pengorganisiran kampus















Bagan Pelatihan

No
Materi
Kisi-Kisi
Target Kontruksi Berfikir
Metode FGD
Media
1
Islam Sebagai Teologi Pembebasan
-Pengertian Islam sebagai teologi pembebasan
-Teori Asghar Ali Engineer
-Praktek teologi Pembebasan (Farid Esack)
-Kader memahami islam sebagai teologi pembebasan
- Kader mampu mengkontekskan pemikiran farid esack dan Asghar ali Engineer
-Brainstorming
-Studi kasus

-Plano
-Spidol

2
Aswaja Sebagai Manhaj Al-Fikr
-Sketsa sejarah
-Pengertian Aswaja sebagai Manhaj al-Fikr
-Prinsip aswaja Sebagai manhaj al –fikr
-Kader mampu memahami aswaja sebagai manhaj al fikr & mampu mengidentifikasi kelemahannya

3
Gender dan gerakan perempuan
-Perbedaan antra seks dan gender
-Bentuk Ketidakadilan Gender
-Sejarah Gerakan perempuan
-Kader dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk ketidakadilan gender dan mampu mengorganisir gerakan perempuan
-Permainan Peran (role Play)
-Studi kasus
-Naskah
-Papan nama

4
Sejarah pmii local

-Sejarah PMII Lokal
-Latarbelakang berdiri PMII di Kudus
-Tokoh-tokoh pendiri
-PerkembanganPMII kudus dari masa ke masa
-Kader mampu menguraikan sejarah PMII Lokal dan mengambil hikmahnya
-Mampu merefleksi perjalanan sejarah PMII lokal
-Brainstorming

-Plano
-Spidol
5
Strategi gerakan dan pengembangan pmii

-Ranah dan arah gerak PMII
-Strategi PMII dan Transformasi social
-Urgensitas Kurikulum Kaderisasi PMII
-Pengelolaan kaderisasi
-Kader Mampu mengembangkan gerakan PMII ditingkat akar rumput
-Menjaga existensi dan bargaining position  di ranah stake holder
-Brainstorming
-Studi kasus

-Plano
-Spidol
6
Paradigma pmii

-Pengertian
-Jenis-jenis paradigma
-Paradigma Kritis Transformatif
-Operasionalisasi PKT
-Kader mampu berpola pikir kritis transformatife
-Kader mampu mengoprasionalisasikan PKT
-Menjadi problem solver terhadap permasalahan dan wacana yang muncul
-Study kasus

-Plano
-Spidol
7
Analisis social
-Pengertian
-Tahap-tahap analisis sosial
-Paradigma sosiologi
-Teori perubahan sosial
-Langkah praxis analisis social
-Peranan Ansos dalam strategi gerakan PMII
-Kader mampu menganalisis berbagai peristiwa dan dinamika
-Responsife terhadap realita social

-Studi Kasus
-Spidol
-Plano
8
Analisis Wacana Media
-Pengertian
-Karakteristik Analisis wacana
-Kerangka analisis wacana
-Landasan Teori dan paradigma analisis wacana
-Analisis media
-Mampu Menganalisis berbagai wacana yang berkembang
-Menjadi problem solver terhadap permasalahan dan wacana yang muncul
-Studi kasus
- Koran
-Plano
-Spidol

9
Managemen dan resolusi konflik
-Definisi
-Proses menajemen konflik
-Strategi mengatasi konflik
-Kader mampu bersikap dewasa dalam menanggapi konflik
-Kader dapat memberikan solusi terhadap konflik yang dihadapi
-Role Play
-Condisional
10
Pengorganisiran kampus

-Gerakan mengorganisisir kampus sebagai system kaderisasi PMII
-Distribusi ideal Kader ke OK
-Kader bisa memposisikan diri di sektor –sektor strategis di kampus
-Optimalisasi peran OK sebagai ranah kaderisasi
-Analisis Bagan
-Mind Map
-HVS
-Spidol

















Langkah – langkah FGD

Materi     : Islam Teologi Pembebasan
METODE  :Brainstorming, Studi Kasus
Media      :Plano, Spidol.
Waktu     : -+ 45 menit
No.
Langkah-langkah
Waktu
1
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator, bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan, fasilitator menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
5 MENIT
2
Mintalah peserta untuk mempresentasikan materi yang telah disampaikan narasumber dan saling melengkapi keterangan serta menanggapi satu sama lain
15 MENIT
3
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator menulis intisari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel forum
4
Fasilitator memunculkan kasus untuk di diskusikan dan dianalisis
15 MENIT
5
Konklusi intisari pemikiran
5 MENIT
6
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel Aksi
3 MENIT
7
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
2 MENIT

Materi     : Aswaja sebagai Manhaj Al-Fiqr
METODE  : Brainstorming, Studi Kasus
Media      : Plano, Spidol.
Waktu     : -+ 45 menit
No.
Langkah-langkah
Waktu
1
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator, bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan, fasilitato menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
5 MENIT
2
Mintalah peserta untuk mempresentasikan materi yang telah disampaikan narasumber dan saling melengkapi keteranga serta menanggapi satu sama lain
20 MENIT
3
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator menulis intIsari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel forum
4
Peserta diminta memunculkan kasus tentang Aswaja sebagai manhaj al-Fikr untuk didiskusian dan dianalisis
1 MENIT
5
Konklusi intisari pemikiran
10 MENIT
6
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel Aksi
4 MENIT
7
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
5 MENIT















Materi     : GENDER DAN GERAKAN PEREMPUAN
METODE  : ROLE PLAY
Media      : NASKAH DRAMA, PAPAN NAMA
Waktu     : -+ 45 menit
No.
Langkah-langkah
Waktu
1
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator, bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan, fasilitator menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
5 MENIT
2
Abstraksi kisi-kisi dari fasilitator ke peserta
20 MENIT
3
Fasilitator memberikan intruksi yang jelas dan membagi peran peserta
4
Peserta diminta menjelaskan nilai-nilai yang terdapat dalam naskah
10 MENIT
5
Konklusi intisari pemikiran
5 MENIT
6
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel Aksi
3 MENIT
7
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
2 MENIT

Materi     : Sejarah PMII Lokal
METODE  : Brainstorming
Media      : Plano, Spidol.
Waktu     : -+ 45 menit
No.
Langkah-langkah
Waktu
1
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator, bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan, fasilitator menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
5 MENIT
2
Mintalah peserta untuk mempresentasikan materi yang telah disampaikan narasumber dan saling melengkapi keterangan serta menanggapi satu sama lain
20 MENIT
3
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator menulis intisari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel forum
4
Peserta diminta untuk mengangambil Ibroh dari sejarah PMII lokal
10MENIT
5
Konklusi intisari pemikiran
5 MENIT
6
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel Aksi
3 MENIT
7
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
2 MENIT

Materi     : STRATEGI GERAKAN DAN PENGEMBANGAN PMII
METODE  :Brainstorming, Studi Kasus
Media      :Plano, Spidol.
Waktu     : -+ 45 menit
No.
Langkah-langkah
Waktu
1
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator, bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan, fasilitator menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
5 MENIT
2
Mintalah peserta untuk mempresentasikan materi yang telah disampaikan narasumber dan saling melengkapi keterangan serta menanggapi satu sama lain
15 MENIT
3
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator menulis intIsari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel forum
4
Fasilitator memunculkan kasus untuk di diskusikan dan dianalisis
15 MENIT
5
Konklusi intisari pemikiran
5 MENIT
6
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel Aksi
3 MENIT
7
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
2 MENIT

Materi     : PARADIGMA PMII
METODE  :Studi Kasus
Media      :Plano, Spidol.
Waktu     : -+ 45 menit
No.
Langkah-langkah
Waktu
1
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator, bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan, fasilitator menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
5 MENIT
2
Mintalah peserta untuk mempresentasikan materi yang telah disampaikan narasumber dan saling melengkapi keterangan serta menanggapi satu sama lain
15 MENIT
3
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator menulis intIsari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel forum
4
Fasilitator memunculkan kasus untuk di diskusikan dan dianalisis
15 MENIT
5
Konklusi intisari pemikiran
5 MENIT
6
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel Aksi
3 MENIT
7
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
2 MENIT

Materi     : ANALISIS SOSIAL
METODE  :Studi Kasus
Media      :Plano, Spidol.
Waktu     : -+ 45 menit
No.
Langkah-langkah
Waktu
1
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator, bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan, fasilitator menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
5 MENIT
2
Mintalah peserta untuk mempresentasikan materi yang telah disampaikan narasumber dan saling melengkapi keterangan serta menanggapi satu sama lain
15 MENIT
3
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator menulis intIsari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel forum
4
Fasilitator memunculkan kasus untuk di diskusikan dan dianalisis
15 MENIT
5
Konklusi intisari pemikiran
5 MENIT
6
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel Aksi
3 MENIT
7
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
2 MENIT
Materi     : ANALISIS WACANA MEDIA
METODE  :Studi Kasus
Media      : Media Koran, Plano, Spidol.
Waktu     : -+ 45 menit
No.
Langkah-langkah
Waktu
1
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator, bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan, fasilitato menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
5 MENIT
2
Peserta diberikan media Koran untuk menganalisis kasus
15 MENIT
3
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator menulis intIsari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel forum
4
Peserta diminta untuk mempresentasiakn dan mengungkapkan pendapat tentang media yang telah dibagikan dan dianalisis
15 MENIT
5
Konklusi intisari pemikiran
5 MENIT
6
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel Aksi
3 MENIT
7
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
2 MENIT

Materi     : MANAGEMEN DAN RESOLUSI KONFLIK
METODE  :Rol Play
Media      : Condisional
Waktu     : -+ 45 menit
No.
Langkah-langkah
Waktu
1
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator, bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan, fasilitato menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
5 MENIT
2
Fasilitator m
15 MENIT
3
Ketika ada salah satu peserta yg bicara. Fasilitator menulis intIsari hasil diskusi di kertas plano utk dipresentasikan di panel forum
4
Peserta diminta untuk mempresentasiakn dan mengungkapkan pendapat tentang media yang telah dibagikan dan dianalisis
15 MENIT
5
Konklusi intisari pemikiran
5 MENIT
6
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel Aksi
3 MENIT
7
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
2 MENIT

Materi     : PENGORGANISIRAN KAMPUS
METODE  :Analisis bagan, Mind Map
Media      :HVS, Plano, Spidol.
Waktu     : -+ 45 menit
No.
Langkah-langkah
Waktu
1
Buka sesi dengan salam, pekenalan fasilitator, bersikap simpatik, humoris, familiar, dan ciptakan kesan persahabatan, fasilitato menyampaikan TUJUAN dan METODE FGD secara singkat dan jelas.
5 MENIT
2
Peserta dibagikan kertas HVS
15 MENIT
3
Peserta diminta membuat mind map terkain organisasi intra dan extra kampus
4
Peserta mempresentasiakn mind map
15 MENIT
5
Konklusi intisari pemikiran
5 MENIT
6
Sekedarkan utk menyegarkan suasana, beri yel-yel Aksi
3 MENIT
7
Tutup dengan salam pergerakan
HANYA SATU KATA UNTUK PENINDASAN… LAWAN…!!!
2 MENIT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA BK SEKOLAH : MENEJEMEN BERBASIS PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING, CONTROLLING, DAN EVALUATING

MENEJEMEN BERBASIS PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING, CONTROLLING, DAN EVALUATING BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dalam konteks pemberian layanan bimbingan konseling, Prayitno (1997:35-36) mengatakan bahwa pemberian pelayanan bimbingan konseling meliputi layanan orientasi, informasi, penempatan dan penyaluran, pembelajaran, konseling perorangan, bimbingan kelompok, dan konseling kelompok. Guru Sekolah harus melaksanakan ketujuh layanan bimbingan konseling tersebut agar setiap permasalahan yang dihadapi siswa dapat diantisipasi sedini mungkin sehingga tidak menggangu jalannya proses pembelajaran. Suatu sistem layanan bimbingan dan konseling tidak mungkin akan tercipta dan tercapai dengan baik apabila tidak memiliki sistem manajemen yang bermutu. Artinya, hal itu perlu dilakukan secara jelas, sistematis, dan terarah. Pelayanan bimbingan dan konseling hendaknya dilakukan oleh tenaga professional serta didasari dengan program yang terencana dan terara...

FILSAFAT SEJARAH

FILSAFAT SEJARAH Makalah Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah: Filsafat Dosen Pengampu: Mas’udi, S.fiil.I.,M.A.                                    Disusun oleh: AHMAD MAHMUD ALFRAIZY NIM : 1340110025                                                                        SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS JURUSAN DAKWAH & KOMUNIKASI / BKI (A) TAHUN 2013/2014 A.   ...